Selasa, 22 Desember 2015

Mengapa Kursor Mouse Miring ke kiri?



Kursor mouse  yang kita tahu selama ini berupa tanda panah dan berbentuk miring sekitar 45 derajat ke kiri. Namun, pada awal pembuatannya, kursor mouse dibuat tegak lurus. Lalu, mengapa diubah menjadi miring?

Menurut penjelasan di situs Stack Exchange, kursor mouse pertama kali dibuat oleh Douglas Englebart pada tahun 1968. Ketika itu kursor mouse  masih dengan bentuknya tegak lurus ke atas. Bentuk yang lurus kemudian mengalami perubahan bentuk ketika komputer Xerox PARC dibuat sekitar tahun 1970-an. Kursor mouse diubah bentuknya menjadi miring karena layar komputer pada jaman dulu resolusinya masih rendah, jadi kursor yang tegak lurus sulit untuk dicari di layar karena bentuknya mirip dengan objek lain yang ada di layar.


Tampilan layar yang masih monokrom, ditambah dengan resolusi yang rendah akan lebih mudah mencari kursor mouse pada layar kalau arahnya dibuat miring 45 derajat. Kursor yang ditemukan oleh  Englebart inilah yang lalu diadopsi oleh pembuat-pembuat perangkat lunak atau software komputer termasuk oleh Steve Jobs pencipta Apple, dan Bill Gates dengan Windows nya. Begitulah asal mula kursor sekarang berbentuk miring. Bahkan hal-hal paling kecil pun sudah dipikirkan bagaimana caranya agar generasi selanjutnya bisa menggunakan komputer dengan lebih praktis dan lebih nyaman. Mungkin hal-hal  kecil lainnya pada komputer juga memiliki sejarah tertentu yang jarang sekali diketahui orang banyak. training ilmu komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar