Rabu, 20 Januari 2016

Belajar Menjadi Teknisi Komputer Profesional


Teknik komputer (disebut juga teknik sistem komputer, bahasa Inggris: computer engineering) adalah suatu disiplin khusus yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Seorang teknisi komputer adalah teknisi elektro arus lemah yang lebih berfokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh. Dari kacamata ilmu komputer, seorang teknisi komputer adalah seorang arsitek perangkat lunak yang memiliki fokus pada interaksi antara perangkat lunak dan program serta komponen perangkat keras pendukungnya. Secara akademis, teknik komputer menekankan pada jenis mata kuliah.

Di era sekarang ini kebutuhan orang terhadap pendidikan dan hiburan semakin meningkat. Dan semua kebutuhan itu telah ada dalam komputer. Maka sudah saatnya kita memiliki pengetahuan tentang komputer, bukan sekedar jadi pengguna komputer saja.

Untuk Belajar Menjadi Teknisi Komputer Profesional tidak harus mahal dan tidak harus melalui pendidikan formal seperti yang Saya sampaikan diatas. Bahkan ilmu pengetahuan tentang komputer bisa kita peroleh secara gratis. Dengan cara rajin – rajin browsing internet (tanya aja ama om google) membaca artikel tentang teknisi komputer. Kalau ada sedikit modal, kita bisa membeli buku-buku tentang teknik komputer. Dan lebih baik lagi jika ikut kursus teknisi komputer.

Tentunya banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh apabila kita Menjadi Teknisi Komputer yang Profesional. Diantaranya yaitu bisa memperbaiki komputer sendiri tanpa harus memanggil teknisi komputer, dapat menambah penghasilan dan juga kita bisa menolong teman / saudara kita. Sebagai perbandingan, coba Anda survei jumlah komputer/laptop yang ada disekitar lingkungan Anda ? Dan survei juga berapa orang yang bisa memperbaiki komputer ? Anda tentu bisa menarik kesimpulan dari survei tersebut.


Jika Anda memperhatikan ditempat service komputer, banyak sekali antrian komputer yang harus diperbaiki dan tentunya memakan waktu lama. Kesemuanya itu dikerjakan oleh seorang Teknisi Komputer. Walaupun programmer, operator dan system analist mengerti tentang komputer, namun mereka semua tidaklah sama dengan Teknisi Komputer yang mengerti masalah hardware (perangkat keras) dan software  (perangkat lunak) komputer.


Hal-Hal Yang Harus Dipelajari Untuk Menjadi Teknisi Komputer

1. Pengenalan Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya
Poin ini merupakan langkah awal yang harus Anda pelajari untuk menjadi teknisi komputer itu. Tanpa pengenalan ini tentu saja Anda akan kebingungan untuk memulai langkah-langkah selanjutnya, karena poin ini memang penting. Mulai dari hardware, software, dan braindware wajib Anda pelajari. Kuncinya Anda harus mempelajarinya dengan mempraktekkan langsung, jangan hanya teori saja, tentu Anda akan kesulitan jika tanpa praktek.

2. Pelajari Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak atau software yang bertugas melakukan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operas dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi program-program pengolah data yang biasa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Mempelajari bagian ini juga penting, karena Anda akan tahu sistem operasi yang bagaimana pada tiap-tiap komputer. Contoh sistem operasi misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain-lain.

3. Pelajari Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Hardware dan Software
Sebelum Anda action, Anda harus mempelajari apa saja kerusakan yang sering terjadi pada hardware dan software pada komputer. Untuk mempelajari hal ini, memang memerlukan waktu yang lama karena kerusakan-kerusakan yang terjadi pada hardware dan software ini sangat banyak. Tetaplah bersabar, untuk menjadi teknisi komputer memang membutuhkan proses yang sangat lama.

4. Pelajari Cara Memperbaiki Bagian-Bagian Komputer yang Rusak
Poin ini merupakan poin terakhir namun juga poin yang paling rumit diantara ketiga poin di atas. Disinilah Anda diuji coba. Untuk menjadi teknisi komputer, Anda harus mempelajari cara memperbaiki bagian-bagian komputer yang rusak. Sebelum Anda terjun ke dunia yang sebenarnya, pelajari secara rinci terlebih dahulu pada bagian-bagian ini, karena ketelitian Anda juga diuji disini. Acuteputer (disebut juga teknik sistem komputer, bahasa Inggris: computer engineering) adalah suatu disiplin khusus yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Seorang teknisi komputer adalah teknisi elektro arus lemah yang lebih berfokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh. Dari kacamata ilmu komputer, seorang teknisi komputer adalah seorang arsitek perangkat lunak yang memiliki fokus pada interaksi antara perangkat lunak dan program serta komponen perangkat keras pendukungnya.

Demikian mengenai bagaimana belajar menjadi teknisi komputer profesional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar