Selasa, 29 Desember 2015

Cara Jitu Aman Internetan via Wifi Gratisan

Berikut cara jitu yang dapat dilakukan untuk melindungi Anda dari ancaman menggunakan wifi gratisan:

1. Jangan percaya pada jaringan WiFi yang tidak memerlukan password. Para penjahat siber umumnya membuat jaringan seperti ini untuk melacak data pribadi pengguna.

Jaringan yang memerlukan kata sandi pun nyatanya tidak dapat sepenuhnya dipercaya. Para penjahat juga dapat dengan mudah mengetahui kata sandi yang digunakan untuk dapat terhubung dengan jaringan WiFi di sebuah kafe ataupun pusat perbelanjaan. Kemudian menggunakannya untuk menciptakan sebuah jaringan Wi-Fi palsu dengan nama yang sama.

2. Matikan WiFi saat Anda tidak menggunakannya. Langkah ini akan melindungi data Anda dan membantu untuk menghemat daya baterai perangkat Anda. Periksalah apakah perangkat Anda secara otomatis akan terhubung dengan jaringan WiFi atau tidak, jika ya, matikan.

3. Membatasi kebutuhan. Ketika menggunakan WiFi publik gratis, jangan menggunakannya untuk membuka akun perbankan Anda atau layanan penting lainnya. Bila perlu, lebih baik menggunakan koneksi data mobile Anda.

4. Hanya HTTPS. Beberapa situs menunjang https yang mengenkripsi apapun yang Anda kirim dan terima dari situs tersebut. Sebagai contoh, Google, Wikipedia dan Facebook dapat melakukan hal tersebut. Bila memungkinkan, aktifkan pengaturan seperti ini untuk semua layanan penting yang Anda miliki.

5. Saran untuk pengguna Google Chrome, Firefox dan Opera. Bila Anda sering berpergian dan selalu online di laptop saat berada di kafe, hotel maupun lokasi umum lainnya, maka unduhlah plugin khusus yang membantu Anda untuk mengakses Internet secara aman.

6. Pertimbangkanlah untuk menggunakan jaringan virtual private network (VPN). Metode ini sangatlah baik untuk melindungi data Anda karena layanan VPN akan mengenkripsi semua data yang Anda kirimkan.

7. Mengunduh solusi keamanan yang tentunya dapat diandalkan, salah satunya adalah Kaspersky Internet Security yang akan memperingatkan Anda ketika terhubung dengan jaringan yang tidak aman serta mencegah kebocoran password. private komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar